Cari Blog Ini

Selasa, 25 Oktober 2011

PERBANDINGAN PENDIDIKAN


BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Pendidikan komparatif merupakan disiplin ilmu yang teramat penting dewasa ini. Ilmu ini muncul diawali oleh keprihatinan sebagian masyarakat dunia tentang rendahnya pengetahuan masing-masing bangsa terhadap kehidupan bangsa lain yang mengakibatkan adanya saling kecurigaan dan permusuhan satu sama lain. Melalui studi pendidikan komparatif, suatu bangsa dapat mengetahui bagaimana bangsa lain merencanakan pengembangan dan peningkatan sistem pendidikannya. Oleh karena itu, melihat konsep dasar perbandingan pendidikan (pengertian, tujuan, dan kegunaan study perbandingan pendidikan) sengaja kami angkat masalah ini dalam makalah selain sebagai salah satu bidang study yang wajib , juga sebagai awal baru dalam memahami pendidikan komparatif.
B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan masalahnya sebagai berikut :
1.      Apakah pengertian pendidikan komparatif?
2.      Apa sajakah tujuan pendidikan komparatif?
3.      Bagaimana kegunaan study perbandingan pendidikan?  
C.    Identifekasi Masalah
Sebagai tanggapan dari rumusan masalah di atas maka penulis mengidentifikasikan masalahnya sebagai berikut:
1.       Menjelaskan beberapa pengertian mengenai pendidikan komparatif.
2.      Menjelaskan  tujuan-tujuan pendidikan komparatif.
3.      Menganalisa kegunaan study perbandingan pendidikan.





BAB II

PEMBAHASAN

A.   Pengertian

Menurut carter v.good tentang pengertian pendidikan” perbandingan pendidikan adalah study yang bertugas mengadakan perbadingan teori dan praktik kependidikan yang ada di dalam beberapa negara dengan maksud untuk memper luas pandangan dan pengetahuan di luar batas negerinya sendiri.”[1]
Istilah "perbandingan" seperti yang digunakan dalam pendidikan komparatif. Dalam hal pendidikan, R. Murray Thomas mengingatkan kita bahwa "dalam arti yang paling inklusif, pendidikan komparatif mengacu pada memeriksa dua atau lebih entitas pendidikan atau peristiwa untuk mengetahui bagaimana dan mengapa mereka sama dan berbeda." Thomas poin bahwa pendidikan komparatif secara umum didefinisikan dalam praktek dalam arti lebih terbatas. Artinya, mengacu pada studi "dari kemiripan pendidikan dan perbedaan antara wilayah dunia atau antara dua atau lebih negara " Stewart dan William Fraser Brickman  setuju dengan Thomas dalam definisi mereka sendiri lapangan. "Perbandingan Pendidikan adalah analisis sistem pendidikan dan masalah dalam dua atau lebih lingkungan nasional dalam hal sosio-politik, konteks ekonomi, budaya, ideologi, dan lainnya"[2]
Mempertimbangkan istilah "perbandingan" dalam pengertian yang lebih dibatasi, dengan cara istilah yang digunakan dalam berbagai bidang studi perbandingan.

B.     Tujuan
Dengan tujuan untuk meninjau perkembangan pendidikan komparatif tidak hanya untuk melacak melalui materi yang telah diperiksa beberapa kali sebelumnya, tetapi lebih untuk mencari di pendahulu pendidikan komparatif modern unsur-unsur pemikiran mereka relevan untuk memahami motivasi mereka untuk melakukan perbandingan kerja, jenis data yang digunakan, cara mereka menangani data, dan interpretasi mereka dari mereka. Analisis menunjukkan munculnya, bertahap goyah dari pendekatan berbasis empiris ilmiah sosial dalam pendidikan komparatif, sejarah yang diawali dengan narasi sederhana kadang-kadang naif, tapi sering cerdik, dan berakhir, untuk saat ini, dengan penerapan metode canggih sekarang diterapkan dalam ilmu-ilmu sosial.
komparatif memiliki empat tujuan[3]:
1.      Untuk menjelaskan sistem pendidikan, proses, atau hasil.
2.      Untuk membantu dalam pengembangan lembaga pendidikan dan praktik.
3.      Untuk menyorot hubungan antara pendidikan dan masyarakat.
4.      Untuk menetapkan pernyataan umum tentang pendidikan yang berlaku di lebih dari satu negara.         
C.    Kegunaan study perbandingan pendidikan.
Sejumlah besar penelitian di bidang pendidikan komparatif didasarkan pada asumsi yang sama bahwa ada suatu hierarki struktur perkembangan sosial dan pendidikan. Ini adalah paradigma meresap dalam ilmu-ilmu sosial pada saat itu pendidikan komparatif menjadi subbidang yang sah dalam pendidikan pada tahun-tahun setelah Perang Dunia II.
Salah satu alasan bidang pendidikan komparatif melepas adalah peran sentral diberikan untuk pendidikan dalam pembangunan nasional, bantuan asing, dan investasi ekonomi.Perbandingan pendidikan mulai dengan pengamatan tentang orang asing dan pendidikan mereka dan dikembangkan menjadi gambaran sistem sekolah asing. Melekat dalam hal ini adalah tujuan praktis dari pinjaman dari luar negeri perangkat pendidikan yang berguna bagi perbaikan pendidikan di rumah. Fase deskriptif secara bertahap diperluas untuk mencakup pemeriksaan, konteks sosial, politik, dan sejarah di mana sistem sekolah dikembangkan. Dimensi lebih ditambahkan dengan deskripsi dari hubungan ini sebagai pendidik komparatif melanjutkan untuk mempertimbangkan interaksi dinamis antara pendidikan dan pengaturan sosial perusahaan. Baru-baru ini, pendidikan belum komparatif telah memasuki tahap baru di mana data cross-nasional digunakan untuk menguji proposisi tentang hubungan pendidikan kepada masyarakat.
Secara umum di dalam ilmu pendidikan komparatif dikenal adanya syarat kesebandingan (comparability) di dalam upaya membandingkan dua atau lebih sistem pendidikan. Persyaratan adanya kesebandingan atau komparabilitas ini diperlukan agar upaya perbandingan aneka sistem pendidikan yang dilakukan pada akhirnya akan diperoleh kebermanfaatan yang tinggi. Bila ada seseorang yang berupaya membandingkan sistem pendidikan di Indonesia dengan Amerika Serikat, jelas tidak akan mendapatkan banyak kemanfaatan, mengingat kedua negara sudah jelas-jelas banyak perbedaan.
 Jika ini tetap dilakukan, meskipun nantinya mampu menghasilkan banyak rekomendasi dari studi perbandingan tersebut, pada akhirnya tidak akan banyak yang dapat diterapkan dalam rangka mmperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.  Hal tersebut berbeda bila studi perbandingan pendidikan dilakukan dengan cara membandingkan antara pendidikan di Indonesia dengan Malaysia, yang sudah tentu terdapat banyak kemiripan serta relatif sedikit perbedaan. Diantara segi-segi perbandingan atau komparabilitas dalam melakukan studi komparasi sitem pendidikan antar dua negara atau lebih yang berbeda adalah[4]:
1.      Segi kemajuan pembangunan. Beberapa negara yang akan diper-bandingkan adalah sama-sama negara maju/ kaya atau sama-sama negara berkembang atau miskin.
2.      Segi latar belakang sejarah. Misalnya negara yang sama-sama bekas jajahan. Lebih tepat jika negara-negara yang diperbandingkan adalah negara-negara yang pernah dijajah oleh negara yang sama. Misalnya Malaysia dan Philipina yang pernah dijajah oleh Inggris.
3.      Segi latar belakang ekonomi. Misal sama-sama ber-pendapatan perkapita rendah atau sama-sama negara yang masih mengandalkan hasil pertanian, sama-sama negara penerima pinjaman luar negeri dari donor (IMF, WORLD BANK).
4.      Segi letak geografisnya. Misal sama-sama negara yang terletak di kawasan ASEAN atau sama-sama negara Afrika Barat, atau juga sama-sama negara di belahan selatan.
Dari beberapa segi kesebandingan di atas, menurut para ahli jelas akan lebih layak untuk diperbandingkan dan akan banyak memperoleh keber-manfaatannya. Akan sangat sulit bila seseorang memperbandingkan dua sistem pendidikan


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pendidikan komparatif adalah pendidikan yang penting bagi perkembangan pendidikan suatu bangsa. Dalam pendidikan komparatif terdapat suatu asas yang disebut dengan asas komparabilitas. Asas komparabilitas adalah metode penelitian atau penulisan dengan membandingkan berbagai aspek dalam pendidikan. Misalnya tujuan pendidikan nasioanl, biaya, proses, evaluasi, dan sebagainya.         
Asas komparabilitas juga bisa diartikan dengan perbandingan konsep mendasar dalam sebuah sistem pendidikan dan pengajaran yang diajukan acuan lainnya. Dalam pendidikan komparatif itu juga terdapat suatu segi komparabilitas. Diantara segi-segi perbandingan atau komparabilitas dalam melakukan studi komparasi sitem pendidikan antar dua negara atau lebih yang berbeda adalah: segi kemajuan pembangunan, segi latar belakang sejarah, segi latar belakang ekonomi, dan segi letak geografisnya.
B.     Saran
Dengan mempelajari pendidikan komparatif kita bisa melihat beberapa masalah-maslah yang mungkin dapat dperhatikan dengan meminimalisirnya
1.      Persoalan humanisasi akibat pembangunan dan proses industrialisasi. Misal: kemiskinan, gelandangan, dan kriminalitas.
2.      Kesenjangan ekonomi, sosial maupun geografis antar kelompok masyarakat.
3.      Kendala sosiokultural pada masing-masing bangsa.
4.      Dinamika sosial politik dunia yang masih menunjukkan adanya ketimpangan struktural tata dunia baru





Daftar pustaka

Arif Rohman. 2010. Pendidikan Komparatif. Yogyakarta: LaksBang Mediatama
Wikipedia.2010.ComparativeEducation.http://en.wikipedia.org/wiki/Comparative_ education.diakses tanggal 20 oktober 2011.

L. Ishak Kandel (1881-1965) - Sejarah Pendidikan, Pendidikan Komparatif dan Internasional, Teori Pendidikan . jakarta:nasional perss












Secara umum di dalam ilmu pendidikan komparatif dikenal adanya syarat kesebandingan (comparability) di dalam upaya membandingkan dua atau lebih sistem pendidikan. Persyaratan adanya kesebandingan atau komparabilitas ini diperlukan agar upaya perbandingan aneka sistem pendidikan yang dilakukan pada akhirnya akan diperoleh kebermanfaatan yang tinggi. Bila ada seseorang yang berupaya membandingkan sistem pendidikan di Indonesia dengan Amerika Serikat, jelas tidak akan mendapatkan banyak kemanfaatan, mengingat kedua negara sudah jelas-jelas banyak perbedaan. Jika ini tetap dilakukan, meskipun nantinya mampu menghasilkan banyak rekosi dari studi perbandingan tersebut, pada akhirnya tidak akan banyak yang dapat diterapkan dalam rangka mmperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.  Hal tersebut berbeda bila studi perbandingan pendidikan dilakukan dengan cara membandingkan antara pendidikan di Indonesia dengan Malaysia, yang sudah tentu terdapat banyak kemiripan serta relatif sedikit perbedaan. Diantara segi-segi perbandingan atau komparabilitas dalam melakukan studi komparasi sitem pendidikan antar dua negara atau lebih yang berbeda adalah:
1.      Segi kemajuan pembangunan. Beberapa negara yang akan diper-bandingkan adalah sama-sama negara maju/ kaya atau sama-sama negara berkembang atau miskin.
2.      Segi latar belakang sejarah. Misalnya negara yang sama-sama bekas jajahan. Lebih tepat jika negara-negara yang diperbandingkan adalah negara-negara yang pernah dijajah oleh negara yang sama. Misalnya Malaysia dan Philipina yang pernah dijajah oleh Inggris.
3.      Segi latar belakang ekonomi. Misal sama-sama ber-pendapatan perkapita rendah atau sama-sama negara yang masih mengandalkan hasil pertanian, sama-sama negara penerima pinjaman luar negeri dari donor (IMF, WORLD BANK).
4.      Segi letak geografisnya. Misal sama-sama negara yang terletak di kawasan ASEAN atau sama-sama negara Afrika Barat, atau juga sama-sama negara di belahan selatan.
Dari beberapa segi kesebandingan di atas, menurut para ahli jelas akan lebih layak untuk diperbandingkan dan akan banyak memperoleh keber-manfaatannya. Akan sangat sulit bila seseorang memperbandingkan dua sistem pendidikan di dua negera yang memiliki latar belakang kultural, sosial, politik dan ekonomi yang secara mencolok berbeda.
Ada satu hal penting lagi antar dua atau lebih negara yang berbeda, yaitu dua dimensi yang perlu ditentukan yaitu dimensi ruang dan dimensi waktu. Dimensi ruang menyangkut seberapa luas atau banyak negara yang ingin diteliti atau diperbandingkan. Sedangkan dimensi waktu menyangkut periode waktu atau rentang waktu yang perlu ditentukan terlebih dahulu. Penentuan dimensi ruang dan dimensi waktu ini penting supaya studi perbandingan bisa lebih terfokus dan



[1] Arif Rohman. Pendidikan Komparatif. (Yogyakarta: LaksBang Mediatama2010),h, 12
[2]Ibid,h,32
[3] Wikipedia.2010.ComparativeEducation.http://en.wikipedia.org/wiki/Comparative_ education. (diakses tanggal 20 oktober 2011).

[4] L. Ishak Kandel , sejarah Pendidikan, Pendidikan Komparatif dan Internasional, Teori Pendidikan , (nasional perss : jakarta  1881-1965).h, 281

1 komentar:

  1. Casino Queen - Las Vegas - MapYRO
    Get directions, reviews and information 의왕 출장마사지 for Casino Queen in 강릉 출장샵 Las Vegas, NV. 여주 출장안마 The resort offers free 충청북도 출장안마 Wi-Fi in the rooms 통영 출장샵 and guest rooms.

    BalasHapus